Rss Feed
  1. Manusia dan Pandangan hidup

    Rabu, 25 Mei 2011

    Pandangan Hidup
                    Pandangan hidup sifatnya hakiki dan kodrati terhadap kehidupan manusia, pandangan hidup masing masing individu berbeda beda, karena pandangan hidup menentukan kehidupan masa depan manusia, pandangan hidup adalah suatu pemikiran, pegangan hidup, petunjuk hidup, pedoman atau panduan hidup, yang akan muncul suatu rencana kedepan dalam hidup, yang sudah di pertimbangkan dengan matang.
                    Pertimbangan adalah hasil pemikiran dari pengalaman pengalaman hidup sebelumnya, agar pengalaman yang buruk tidak terulang kembali, dari pertimbangan akan muncul suatu rencana untuk kedepannya, pandangan hidup ada 3 macam :
    • Pandangan hidup dari agama, keyakinan yang hakiki, mutlak
    • Pandangan hidup ideology, sesuai dengan norma, dan kebudayaan
    • Pandangan hidup renungan, hasil introspeksi diri, mutlak kebenarannya dan logis.
    Beberapa langkah berpandangan hidup yang baik :
    1. mengenal
    2. mengerti
    3. menghayati
    4. meyakini
    5. mengabdi
    6. mengamankan
     Suatu pandangan hidup yang dapat diterima oleh masyarakat umum, dengan tujuan yang sejalan dengan masing masing individu, akan di jadikan suatu ideology, unsur dari pandangan hidup ,yaitu keyakinan, usaha, kebajikan, dan cita cita.
    Keyakinan
    Keyakinan adalah sifat percaya dalam diri manusia bahwa apa yang ada pada diri manusia itu akan berhasil, di dasari oleh Tuhan YME, keyakinan timbul karena filsafat, ada 3 aliran filsafat yang mempengaruhi keyakinan, menurut Prof.Dr.Harun Naustion :
    Aliran naturalisme :  kekuatan gaib berhubungan dengan kehidupan manusia, kekuatan gaib berasal dari alam, bersumber dari Tuhan YME.
    Aliran Intelektualisme : Bersumber dari logika, logika berasal dari akal, bagi hal hal yang   masuk akal mereka percaya, akal dapat membuat teknologi, teknolgi dapat membuat kebajikan, individu yang berakal dapat mengalahkan individu yang bodoh.
    Aliran Gabungan : Bersumber dari gabungan kekuatan gaib dan akal, jadi apa yang diterima oleh logika, juga dapat diterima oleh hati nurani, jika hati nurani di nomer dua kan maka yang akan terjadi adalah sosialisme, jika keduanya seimbang maka akan timbul sosialisme religius.
    Usaha
     usaha adalah suatu tindakan untuk mencapai suatu tujuan pasti, Dalam usaha manusia memilik keterbatasan, manusia harus menyesuaikan dengan keterbatasan itu.
    Kebajikan
    kebajikan adalah segala hal yang baik, dengan tujuan yang baik dan positif, sesuai dengan moral, norma, agama dan etika, manusia makhluk yang berakal, dan manusia pada dasarnya ialah baik, tergantung dari lingkungan manusia itu sendiri dan hati nuraninya.
    Cita cita
     cita cita adalah suatu keinginan yang timbul dalam diri manusia, dengan harapan dan tujuan hidup yang melekat pada pikiran, cita cita seseorang jika makin lama, maka makin tinggi pula cita citanya, dan memiliki 3 faktor cita cita seseorang, yaitu :
    1.       Faktor manusia itu sendiri
    2.       Kondisi manusia dan kehidupannya
    3.       Seberapa tinggi cita citanya.

  2. 0 komentar:

    Posting Komentar