Rss Feed
  1. Indonesia merupakan negara kepulauan yang luas, karena wilayahnya dan letak geografisnya yang luas. Indonesia memiliki kebudayaan yang beragam, seperti baju adat yang di kenakan beragam, bermacam macam di masing masing daerah, di indonesia, kebudayaan indonesia di pengaruhi oleh bangsa pendatang seperti tionghoa, arab dan india.
                    Kebudayaan tionghoa masuk dan mempengaruhi indonesia melalui interaksi perdagangan dengan orang pribumi. Saat itu orang tionghoa berinteraksi dengan kerajaan sriwijaya.
                    Kebudayaan arab masuk ke indonesia juga karena pedagang yang singgah di indonesia, kebudayaan yang mempengaruhi terlihat dari busana adat di indonesia yang memiliki kemiripan dengan busana tionghjoa dan arab.
                    Seperti pakaian adat aceh yang memiliki kemiripan dengan pakaian kebudayaan arab, yang cenderung berwarna warni dengan corak corak sulaman benang emas yang khas, sulaman khusu pada latar hitam untuk jas yg disebut baje meukasah, sarung songket pinggan pria atau ijap lamgugap, dan sarung songket pinggang wanita disebut ija pinggang.
                    Seperti kebaya, macam macam model kebaya, namun kebaya pada dasarnya dipengaruhi oleh kebudayaan tionghoa, bangsawan membuat kebaya dari kain sutra dengan model yg rumit, sedangkan rakyat biasa atau ordinary people, memakai kebaya dari katun dengan model yang simple, kebaya yg biasa di padukan dengan kain batik yg di lilit di pinggang.

  2. 0 komentar:

    Posting Komentar