Rss Feed
  1. Model Sistem Terdistribusi

    Selasa, 11 Maret 2014

    Dalam pelaksanaannya sistem terdistribusi memiliki berbagai bentuk (model), yaitu :
    • Sistem client - server
    Merupakan bagian dari model sistem terdistribusi yang membagi jaringan berdasarkan pemberi dan penerima jasa layanan. Pada sebuah jaringan akan didapatkan: file server, time server, directory server, printer server, dan seterusnya. 



    • Sistem point to point

    Merupakan bagian dari model sistem terdistribusi dimana sistem dapat sekaligus berfungsi sebagai client maupun server. 

    • Sistem terkluster 

    Adalah gabungan dari beberapa sistem individual (komputer) yang dikumpulkan pada suatu lokasi, saling berbagi tempat penyimpanan data (storage), dan saling terhubung dalam jaringan lokal (Local Area Network). Sistem kluster memiliki persamaan dengan sistem paralel dalam hal menggabungkan beberapa CPU untuk meningkatkan kinerja komputasi. Jika salah satu mesin mengalami masalah dalam menjalankan tugas maka mesin lain dapat mengambil alih pelaksanaan tugas itu. Dengan demikian, sistem akan lebih handal dan fault tolerant dalam melakukan komputasi. 

            Dalam hal jaringan, sistem kluster mirip dengan sistem terdistribusi (distributed system). Bedanya, jika jaringan pada sistem terdistribusi melingkupi komputer-komputer yang lokasinya tersebar maka jaringan pada sistem kluster menghubungkan banyak komputer yang dikumpulkan dalam satu tempat. 




    Referensi:
    Adang Suhendra, Kuliah Sistem Terdistribusi 1 & 2

    Budi Susanto, Pengantar Sistem Terdistribusi

    Willy Sudiarto Raharjo, Pengantar Sistem Terdistribusi


  2. 0 komentar:

    Posting Komentar