Rss Feed
  1. SISTEM BASIS DATA

    Jumat, 04 Januari 2013

    Gambaran Umum Databas Perusahaan Tinta Nova Ink

       Dari hasil data yang kami dapat, Proses Bisnis dari Perusahaan Tinta Nova Ink, sebagai berikut :

    1. Pelanggan mesan tinta ke perusahaan Nova Ink , jika stock kosong, Nova Ink memesan barang ke supplier (Tinta Parker) dengan informasi stock barang yang kosong à Supplier (Tinta Parker) mengirim barang ke Nova Ink, barang yang dikirim disimpan Nova Ink di “Gudang Barang Nova Ink ”, Supplier memberikan tagihan ke Nova Ink, Nova Ink membayar tagihan dan memperoleh faktur pembelian, Nova Ink mencatat transaksi pembelian barang pada “Database Transaksi Nova Ink ” berdasarkan faktur pembelian.
    1. Nova Ink melakukan peng-updatean data dan pengecekkan stok barang di “Gudang Barang Nova Ink” guna memperoleh informasi harga dan pajak barang
    2. Nova Ink menghitung total biaya yang harus di bayar pelanggan, dan pelanggan membayar dengan tunai disertai strukv pembelian yang diterima pelanggan.
    3. Nova Ink mencatat transaksi penjualan pada “Database Transaksi Nova Ink ”.
       
       

      Tabel database dari proses transaksi Nova Ink :
    4. Customer (IdPelanggan, NamaPelanggan, NoTelp, Jalan, Kota, KodePos)
    5. Pembelian (NoKwitansi, IdBarang, JumlahBarang, TotalBarang, IdPelanggan*)
    6. Barang (IdBarang, NamaBarang, HargaBarang, JumlahStok, IdSupplier*)
    7. Supplier (IdSupplier, TglPemesanan, TglPenerimaan)
         Wewenang Penggunaan Database
    • Membuat form login pemegang perusahaan dan pegawai, untuk masuk ke database.
    • Login pegawai, lalu ada kotak dialog berisi 2 option pegawai gudang atau pegawai operational. Pegawai Gudang hanya bisa akses database barang saja. Stok barang tersedia atau tidak.
    • Pegawai Operational mempunyai tugas yang dibagi menjadi beberapa tugas pokok, ada yang menjadi costumer servis, kasir, dan mengurus pemesanan barang ke supplier. Database yang bisa di akses adalah database pelanggan, pembelian dan supplier.
    • Pemegang Perusahaan bisa mengakses seluruh database di Nova Ink, dan bisa memonitor database yang sedang dijalankan oleh pegawainya.

  2. 0 komentar:

    Posting Komentar